Hindari Stres dengan Pola Makan Sehat dan Bergizi

Kesehatan8 Views

Stres merupakan hal yang tak terhindarkan dalam hidup sehari-hari. Namun, kesadaran akan dampaknya terhadap kesehatan harus menjadi prioritas, terutama dalam menjaga pola makan. Mengadopsi pola makan sehat dan bergizi adalah langkah penting dalam menjaga keseimbangan mental dan fisik, serta mengendalikan stres. Langkah ini wajib diterapkan karena pola makan sehat dan bergizi berkontribusi pada kesehatan mental dengan cara yang besar.

Pola Makan Vs Stres

Young and happy woman eating salad with organic vegetables at the table on a light background , in denim clothes. The concept of a healthy home-made food.

Pada saat mengalami stres, tubuh melepaskan kortisol, yang juga dikenal sebagai ‘hormon stres.’ Ini cenderung meningkatkan nafsu makan, sering mendorong kita untuk memilih makanan tinggi gula, lemak, dan kalori. Namun, pola makan yang buruk hanya akan memperburuk stres. Oleh karena itu, adalah penting untuk mencerminkan pola makan sehat untuk menjaga kadar kortisol dalam batas normal dan secara efektif mengelola stres.

Menjaga Asupan Nutrisi

Nutrisi memainkan peran penting dalam fungsi otak dan produksi hormon ‘baik’, yang membantu mengendalikan emosi dan stres. Protein membantu dalam produksi dopamin dan norepinefrin, yang meningkatkan kewaspadaan. Karbohidrat kompleks seperti gandum utuh dan sayuran menghasilkan serotonin, hormon ‘bahagia’.

Asupan vitamin dan mineral seperti Vitamin B, Vitamin C, magnesium, dan seng juga penting. Vitamin B membantu dalam produksi neurotransmiter dan menjaga fungsi otak sehat. Vitamin C membantu mengurangi kadar kortisol, dan magnesium dan seng berperan dalam fungsi otak yang sehat dan peningkatan mood.

Pola Makan Seimbang

Pola makan yang seimbang mencakup variasi berbagai makanan yang kaya nutrisi. Mengonsumsi tiga hingga lima porsi buah dan sayuran setiap hari dapat membantu memastikan asupan serat, vitamin, dan mineral yang cukup. Melibatkan protein, seperti ikan, daging tanpa lemak, telur, dan kacang-kacangan, serta karbohidrat kompleks dan lemak sehat, seperti alpukat dan minyak zaitun, ke dalam makanan juga dapat membantu menjaga kadar gula darah dan suasana hati yang stabil.

Minum Air Secukupnya

Dehidrasi dapat mempengaruhi energi dan suasana hati, jadi penting untuk minum cukup air. American Heart Association merekomendasikan minum delapan gelas air setiap hari sebagai pedoman umum.

Hindari Alkohol dan Kafein

Meski alkohol dan kafein dapat memberi perasaan baik sementara, kedua zat ini dapat mengganggu tidur dan meningkatkan tingkat stres. Sebaliknya, minuman seperti teh herbal dan jus buah segar dapat membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan hidrasi.

Kesimpulan

Pola makan sehat dan bergizi bukan hanya penting untuk kesehatan fisik, tetapi juga untuk kesehatan mental dan pengendalian stres. Balans antara makanan bernutrisi tinggi dan menjaga pola hidup sehat adalah kunci. Jadi, jangan lupakan kesehatan Anda dalam kesibukan sehari-hari, pertimbangkan untuk menjaga pola makan yang lebih sehat dan bergizi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *