Teknik Anggaran yang Efektif untuk Mengontrol Pengeluaran Bulanan Anda

Berita, Finansial13 Views

1. Teknik Anggaran 50/30/20

Aturan 50/30/20 dibuat oleh Senator Elizabeth Warren dan putrinya, Amelia Warren Tyagi, dan telah menjadi salah satu metode anggaran yang paling populer. Idenya adalah membagi penghasilan bersih Anda menjadi tiga kategori:

  • 50% untuk kebutuhan (seperti sewa, hipotek, makanan, transportasi, dan tagihan berulang lainnya).
  • 30% untuk keinginan (seperti hiburan, makan di luar, dan belanja).
  • 20% untuk tabungan dan pembayaran utang.

Pendekatan ini membantu Anda memahami kemana uang pergi dan memastikan bahwa Anda tidak menghabiskan lebih dari yang Anda peroleh, sembari masih menabung.

2. Anggaran Zero-Based

Anggaran zero-based membutuhkan Anda untuk “memberi pekerjaan” untuk setiap rupiah yang Anda peroleh; dengan kata lain, penghasilan dikurangi pengeluaran harus sama dengan nol. Ini berarti Anda mengalokasikan setiap sen ke suatu kategori, termasuk tabungan, investasi, biaya hidup, dan pengeluaran tak terduga. Dengan cara ini, Anda dapat mengidentifikasi pengeluaran yang tidak perlu dan mengalokasikan lebih banyak dana ke tujuan keuangan.

3. Sistem Amplop

Metode kuno namun efektif adalah sistem amplop. Anda secara harfiah membagi uang tunai Anda dan meletakkannya di dalam amplop yang berbeda berdasarkan kategori pengeluaran, seperti groceries, bensin, utilitas, dan hiburan. Setelah amplop kosong, Anda tidak bisa mengeluarkan uang lebih pada kategori itu sampai bulan depan. Meskipun metode ini bisa terasa kuno, ia benar-benar efektif untuk membantu Anda berpikir dua kali sebelum mengeluarkan uang.

4. Aplikasi dan Perangkat Lunak Anggaran

Dalam dunia digital saat ini, ada banyak aplikasi dan perangkat lunak anggaran yang bisa membantu Anda. Tools seperti YNAB (You Need A Budget), Mint, dan PocketGuard terhubung langsung ke rekening bank Anda dan membantu mengelompokkan transaksi Anda ke dalam kategori anggaran, bahkan beberapa dapat memberi Anda peringatan ketika Anda mendekati atau melebihi anggaran.

5. Kaidah 72-Jam

Untuk pembelian impulsif, gunakan kaidah 72-jam sebelum membuat keputusan. Jika Anda melihat sesuatu yang ingin Anda beli, tunggu selama 72 jam sebelum membelinya. Seringkali, Anda akan menemukan bahwa keinginan untuk membeli sudah hilang, atau Anda mungkin menyadari bahwa Anda tidak benar-benar membutuhkannya.

6. Review Mingguan dan Bulanan

Dedikasikan waktu setiap minggu dan setiap bulan untuk meninjau pengeluaran Anda. Ini akan membantu Anda melihat ke mana uang Anda pergi dan menyesuaikan anggaran jika diperlukan. Ini juga bisa menjadi waktu untuk mengidentifikasi pengeluaran yang tidak perlu dan menemukan cara untuk menguranginya.

7. Tantangan Anggaran

Tantangan anggaran adalah cara yang menyenangkan untuk meningkatkan kesadaran Anda tentang pengeluaran dan meningkatkan tabungan. Misalnya, lakukan tantangan ‘tidak belanja’ selama satu bulan, atau minimalkan pengeluaran di satu kategori dan lihat berapa banyak yang bisa Anda simpan. Tantangan ini sering menghasilkan kebiasaan baru yang lebih baik yang dapat bertahan jauh lebih lama dari durasi tantangan.

8. Pengeluaran Disadari

Jangan hanya mengikutii anggaran, tapi jadilah sadar dalam setiap pengeluaran. Ini berarti mengevaluasi setiap pembelian terhadap tujuan keuangan Anda dan menanyakan diri sendiri apakah itu benar-benar perlu. Pengeluaran disadari juga melibatkan pengakuan atas kekuatan membeli pengalaman daripada barang, yang seringkali lebih memuaskan dan menambah kualitas hidup.

Kesimpulan

Mengendalikan pengeluaran bulanan bukanlah tentang penyangkalan atau hidup tanpa kenikmatan. Teknik-teknik anggaran yang efektif memungkinkan Anda mengontrol keuangan Anda dengan lebih baik, mengurangi stres dan kecemasan mengenai uang, dan pada akhirnya, mencapai kebebasan finansial. Dengan melakukan pendekatan yang sesuai, disiplin, dan sedikit kerja keras, Anda akan menemukan bahwa anggaran bulanan bukanlah pembatasan namun sebaliknya, alat yang memberikan kekuatan dan kenyamanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *